Breaking News
IZI Riau laksanakan Peresmian dan Serah Terima Program Benah Musholla Ponpes Baitul Qur’an Kampar Program TJSL Telkom Bantu Sarana Air Bersih di Ponpes Aufia Global Islamic School bersama IZI Perwakilan Riau Satres Narkoba Polres Metro Jakbar Ungkap Kasus Peredaran Narkoba di Kampung Boncos WMC | JAKARTA BARAT – Penggerebekan Kampung Boncos yang dilakukan jajaran Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (17/7/2024), rupanya bermula dari penemuan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 10 kilogram dari dua orang berinisal IS dan HS. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, pengungkapan kasus narkotika ini ada kaitannya dengan operasi Nila Jaya yang dilakukan polisi. Kemudian, terdapat masyarakat yang menyampaikan informasi terkait adanya peredaran narkoba di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. Dari informasi tersebut, polisi lantas melakukan penyelidikan melalui kegiatan undercover (sembunyi-sembunyi) selama 2 hari. “Berhasil amankan dua orang atas nama IS dan HS dari IS dan HS yang diamankan di salah satu parkiran hotel di Palmerah Jakbar,” kata Syahduddi dalam jumpa pers di Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (17/7/2024). “Diamankan 10 paket narkotika jenis sabu seberat 10.000 gram atau 10 kilogram,” imbuhnya. Rencananya dari jumlah tersebut, lanjut Syahduddi, IS dan HS bakal mengedarkan 2 kilogram sabu ke Kampung Boncos. “Sisanya yang 8 kilogram akan disimpan oleh kedua tersangka untuk stok dalam edarkan narkotika selama kurang lebih 1 bulan,” jelas Syahduddi. Atas dasar tersebutlah, jajaran Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat langsung melakukan penindakan dan penertiban di kampung narkoba itu. Tatkala digerebek, benar saja polisi menemukan sejumlah barang bukti lain, markas sabu, hingga 42 orang yang urinenya positif mengandung narkotika. “Berhasil diamankan kurang lebih 46 orang yang ada di depan, terdiri dari 44 laki-laki dan 2 orang perempuan,” kata Syahduddi. “46 orang tersebut langsung dilakukan cek urine dan dinyatakan 42 orang positif urinenya mengandung narkotika jenis sabu,” imbuhnya. Syahduddi berujar, total barang bukti yang berhasil diamankan dalam operasi kali ini adalah 5 buah paket kecil narkoba jenis sabu, senjata api rakitan, dua buah senjata tajam, 10 pipet bekas pakai, hingga tiga buah timbangan digital. Kemudian, 30 korek api, pecahan uang Rp 5.000, kemudian beberapa klip plastik dan beberapa sedotan bekas pakai. Penulis: Jaka Banten Editor : Fajar Gea Tingkatkan Sinergitas, Polri Bersama Wartawan Gelar Bhayangkara Presisi Bowling Cup Tim Relawan Peduli Kemanusiaan Bencana Alam Gelar Jumpa Pers di Kabupaten Jayawijaya
banner 728x90

Penyegaran di Polda Jatim Sejumlah Pejabat Utama dan Kapolres Berganti

Img 20240628 Wa0042
banner 120x600

 

WartaMerdeka.com ||SURABAYA – Menjelang peringatan Hari Bhayangkara ke – 78 yang jatuh pada 1 Juli 2024, sejumlah pejabat utama dan Kapolres jajaran Polda Jatim berganti.

Pergantian itu tertuang pada Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolri yang ditanda tangani AS SDM Polri, Irjen Pol. Prof. Dr.Dedi Prasetyo,M.Hum,M.Si,MM tanggal 25 Juni 2024 di Jakarta.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto saat dikomfirmasi media di Mapolda Jatim,Kamis (27/6).

Menurut Kombes Pol Dirmanto, pergantian pejabat di lingkungan Polri adalah hal yang lazim dilakukan termasuk pada Polda Jawa Timur.

“Mutasi pejabat di lingkungan Institusi Polri hal yang wajar,”ujar Kombes Pol Dirmanto.

Menurut Kombes Dirmanto mutasi jabatan selain untuk penyegaran juga untuk menempa personel Polri dalam meniti karir yang setingkat lebih tinggi.

Adapun para Perwira Menengah Polri di lingkungan Polda Jatim yang berganti adalah Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto diangkat sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri.

Jabatan Dirreskrimum Polda Jatim diisi oleh Kombes Pol Farman yang sebelumnya menjabat Kabagbanhatkum Robankum pada Divisi Hukum Polri.

Kabiddokkes Polda Jatim Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim diangkat sebagai Wakarumkit Bhayangkara TK I Pusdokkes Polri.

Jabatan Kabiddokkes Polda Jatim diisi oleh Kombes Pol Dr.dr. Mohammad Khusnan Marzuki yang sebelumnya sebagai Karumkit Bhayangkara TK II Semarang Polda Jateng.

Kabidlabfor Polda Jatim, Kombes Pol Sodiq Pratomo yang dimutasikan sebagai Pamen Polda Jatim dalam rangka purna tugas, digantikan oleh Kombes Pol Marjoko.

Kapolres Tuban AKBP Suryono diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirreskrimum Polda Jatim, menggantikan AKBP Piter Yanottama yang diangkat sebagai Penyidik Tindak Pidana Madya TK. III Bareskrim Polri.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin dimutasi menjadi Kapolres Tuban dan jabatan Kapolres Batu yang baru diisi oleh AKBP Andi Yudha Pranata yang sebelumnya sebagai Assesor Madya Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri.

Dirpamobvit Polda Jatim, Kombes Pol Sangkan Bonaparte Silalahi diangkat sebagai Auditor Kepolisian Madya TK.I Itwasum Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Drs.H.Yudi Sumartono yang sebelumnya sebagai Kasubditpam VIP Ditpamobvit Korsabhara Baharkam Polri.

Karo SDM Polda Jatim, Kombes Pol Harry Kurniawan diangkat sebagai Auditor Sispamobvitnas Utama TK.II Baharkam Polri dan digantikan Kombes Pol Ari Wibowo yang sebelumnya sebagai Karo SDM Polda Kaltim.

Kabidkeu Polda Jatim, Kombes Pol Bagus Srigustian diangkat sebagai Auditor Kepolisian TK III Itwasum Polri digantikan oleh Kombes Pol Singgih Rachmanto yang sebelumnya sebagai Kabidkeu Polda Papua.

Jabatan Penata Kebijakan Kapolri Madya TK III Polda Jatim diisi oleh Kombes Pol Herman Suriyono yang sebelumnya sebagai Auditor Kepolisian Madya TK.III Itwasda Polda NTB.

⁠Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat, dan digantikan oleh AKBP Muhamad Taat Resdianto yang sebelumnya sebagai Kanit I Subdit I Dittipideksus Bareskrim Polri.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo diangkat sebagai Irbid Itwasda Polda Jatim menggantikan AKBP Irfan Susanto yang diangkat sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasum Polri.

Sedangkan jabatan Kapolres Pasuruan Kota yang baru diisi oleh AKBP Davis Busin Siswara yang sebelumnya sebagai Kasi Binwas Subdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri.

Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Deny Agung Andriana diangkat sebagai Widyaiswara Kepolisian Madya Tk III Sespimmen Lemdiklat Polri dan digantikan oleh AKBP Made Bayu Sutha Sartana yang sebelumnya sebagai Wakapolresta Denpasar.

Kapolres Ngawi, AKBP Argowiyono diangkat sebagai Kasi PJR Subditwaldan PJR Ditgakkum Korlantas Polri digantikan oleh AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto yang sebelumnya sebagai Kapolres Situbondo.

Jabatan Kapolres Situbondo yang baru diisi oleh AKBP Rezi Dharmawan yang sebelumnya sebagai Kasubbagpamgiat Bagbinpam Ropaminal Divpropam Polri.

Wakapolresta Malang Kota, AKBP Apip Ginanjar diangkat sebagai Pengelola Pengadaan Barang Jasa Polri Madya Tk II Slog Polri, dan digantikan oleh AKBP Adhitya Panji Anom yang sebelumnya sebagai Kapolres Gresik.

Jabatan Kapolres Gresik yang baru diisi oleh AKBP Arief Kurniawan yang seblumnya sebagai Kasudit Regident Ditlantas Polda Jatim.

Kabagdalprogar Rorena Polda Jatim, AKBP Makhsun Hadi Sadikin diangkat sebagai Widyaiswara Kepolisian Madya Tk III Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatan Irbid Itwasda Polda Jatim diisi oleh AKBP Eko Tjahyo Untoro yang sebelumnya sebagai Kapolres Cilegon Polda Banten.

⁠Jabatan Kabaginfolog Rolog Polda Jatim diisi oleh AKBP Herlina yang sebelumnya sebagai Kapolres Magelang Kota.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono diangkat sebagai Wadirlantas Polda Kepri dan digantikan oleh AKBP Indra Ranu Dikarta yang sebelumnya sebagai Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani diangkat sebagai Wadirbinmas Polda Metro dan digantikan oleh AKBP Oki Ahadian Purwono yang sebelumnya sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Jatim.

Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad diangkat sebagai Kasubbag Kompeten Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri dan digantikan oleh AKBP Siswantoro yang sebelumnya sebagai Kapolres Sampang.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Hendro Sukmono diangkat sebagai Kapolres Sampang.

Wadansatbrimob Polda Jatim diisi oleh AKBP Moh. Zulfikar Iskandar yang sebelumnya sebagai Kapolres Halmahera Utara Polda Malut. (wmc/gtt)