banner 728x90

Wadan Kodiklatal Berikan Pembekalan Tentang Pengembangan Karakter Kepemimpinan

Img 20240807 Wa0624
banner 120x600

 

WMC ||TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 07 Agustus 2024, —-Sebagai bekal penugasan sebagai Perwira yang Handal dan Profesional, Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono memberikan pembekalan tentang Pengembangan Karakter Kepemimpinan kepada para Perwira Siswa (Pasis) Diklapa TNI AL Angkatan 33, Dikmatra dan Dikaplikasi TNI AL TA. 2024, bertempat di Gedung Belatrix Pusdiklapa Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu, (07/08/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa, tantangan para Pasis kedepan jauh lebih berat, kompleksitas persaingan dan percaturan merebut energi maupun pangan akibat gejolak dunia Internasional yang akhirnya menyebabkan krisis.

“Sebagai seorang pemimpin harus mengenal siapa saya, kita tugasnya menyiapkan diri, contoh Perwira Pelaut harus memiliki kemampuan yang hebat sebagai Komandan KRI, Perwira Marinir yang ingin menjadi Dankormar, dan Perwira TNI AD yang bercita-cita sebagai Pangkostrad. Namun di balik itu semua, tujuan utama kita adalah kembali kepada Tuhan Sang Pencipta,” kata Wadan Kodiklatal.

Sebelum memimpin di suatu organisasi, kita harus bisa menjadi pemimpin dalam keluarga. Bagaimana harus bisa menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab dan menjadi panutan bagi keluarganya. Sedangkan di dalam memimpin Satuan kita harus memiliki kemampuan membangkitkan soliditas, membangkitkan semangat juang, serta membangkitkan naluri tempur.

“Tugas seorang pemimpin kepada anggotanya adalah melindungi, menyelamatkan, mensejahterakan, dan mendidik. Sedangkan peran pemimpin yaitu bisa menjadi seorang Komandan/Kepala, Hakim, Guru, Sahabat, Bapak/Ibu. Juga yang tidak kalah penting adalah peran keluarga dalam mendukung tugas Suami/Istri yang merupakan sosok Abdi Negara,” tutur Laksda Eko.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Dankodikopsla Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Danpusdiklapa Kolonel Laut (P) Akhmad Alif Saifuddin Zuhri, serta Pejabat terkait lainnya.Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. ( red/gtt)