banner 728x90

Kepala Staf Kodim 0830/Surabaya Utara Hadiri Peresmian Rumah Pompanisasi dan Penanaman Padi

Img 20241009 Wa0767
banner 120x600

 

WMC|| Surabaya, – Kepala Staf Kodim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Djarno Djumadi, S.Pd., wakili Komandan Kodim hadiri peresmian rumah Pompanisasi dan kegiatan penanaman padi di wilayah Koramil 0830/06 Benowo, tepatnya di lahan Kelompok Tani (Poktan) Sejahtera, Jalan Sidorejo, Kelurahan Pakal Kecamatan Pakal, Rabu, (09/10).

Acara ini merupakan bagian dari program peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0830/Surabaya Utara, khususnya dalam mendukung produktivitas pertanian di Kecamatan Pakal. Rumah Pompanisasi yang diresmikan oleh Pjs. Walikota Surabaya Dra. Restu Novi Widiani, M.M., Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Drh. Agus Susanto, M.Si dan Kepala Staf Kodim 0830/Surabaya Utara tersebut, bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan air bagi lahan pertanian sehingga mampu mendukung peningkatan hasil panen para petani di wilayah tersebut.

Img 20241009 Wa0172

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf Djarno Djumadi, S.Pd., menekankan pentingnya kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan para petani untuk memastikan program ketahanan pangan berjalan dengan baik. “Kami berharap, dengan adanya rumah Pompanisasi ini, para petani dapat lebih mudah mendapatkan pasokan air yang cukup untuk mengoptimalkan proses produksi tanaman padi,” ujarnya.

Selain peresmian rumah Pompanisasi, kegiatan ini juga ditandai dengan penanaman padi secara simbolis yang melibatkan Kepala Staf Kodim 0830/Surabaya Utara, Pemerintah Kota, Kementerian Pertanian, serta para petani dan pelajar SD setempat. Penanaman padi ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi peningkatan hasil pertanian di wilayah tersebut.Img 20241009 Wa0171

Dukungan TNI dalam program ketahanan pangan seperti ini menjadi wujud nyata sinergi antara instansi militer dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian pangan.

Turut hadiri dalam kegiatan ini, Dra. Restu Novi Widiani M.M (Pjs. Walikota Surabaya), Dr. drh. Agus Susanto, M.Si ( Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan selaku Penanggung Jawab Satgas Antisipasi Darurat Pangan untuk Provinsi Jawa Timur pada Kementerian Pertanian), Ir. Antiek Sugiharti, M.Si (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya), Rahmat Kodariawan S.P.,M.M ( Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya), Dian Anggraini S.STP (Ka. Tim Kerja PSP4 Pengelola Sarana Pengembangan Pertanian, Perkotaan, dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya), Letkol Inf Djarno Djumadi S.Pd (Kepala Staf Kodim 0830/Surabaya Utara), Mayor Inf Agung Prasetya Budi S.T (Danramil 0830/06 Benowo), Deddy Sjahrial Kusuma S.H (Camat Pakal), Wakapolsek Pakal (IPTU Agus Mujiono, S.H), dr. Aloysius Tri Joehanto, MH (Kepala Puskesmas Benowo), Lurah Se – Kecamatan Pakal, Ketua Pok. Tani Sejahtera beserta anggota.(gat)