banner 728x90

Komisi IV DPR RI Alien Mus, Fenomena Coral Bleaching Sangat Menganggu Sekali Ekosistem Laut Kita

Img 20240315 Wa0017
banner 120x600

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Alien Mus menyoroti fenomena coral bleaching atau pemutihan karang yang tengah menjadi atensi dunia. Ia meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memberikan atensi terhadap fenomena dan melakukan kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Sekarang lagi ada atensi dari seluruh dunia juga termasuk di Indonesia ini, karena terumbu karang kita yang memutih atau coral bleaching. Itu berarti sangat terganggu sekali untuk ekosistem di laut kita dan jangan sampai kita berbicara tentang PNBP tapi tidak melihat bagaimana dengan keadaan laut kita Pak,” ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri KKP di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (14/03/2024).

banner 325x300

Coral bleaching atau pemutihan karang merupakan fenomena yang telah terjadi di beberapa perairan Indonesia. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya fenomena tersebut yaitu perubahan suhu, iklim, cahaya, dan nutrisi. Hal ini perlu segera diatasi lantaran terumbu karang merupakan tempat tinggal daripada beberapa biota laut termasuk ikan yang menjadi sumber pendapatan nelayan.

 

“Ini perlu juga kerja sama dengan BRIN, saya tahu dan saya yakin dan percaya Pak Menteri juga sama jajaran sudah mengetahui hal ini. Sehingga ini menjadi atensi utama, takutnya produksi ikan kita itu pasti menurun, karena pengaruhnya coral bleaching ini sudah diperbincangkan oleh sampai di kancah negara yang lain,” pungkas Politisi Fraksi Partai Golkar itu. (gal/rdn- www.dpr.go.id)

banner 325x300