banner 728x90

TRC BPBD Kampar Lakukan Pelatihan Penggunaan Perlatan Penyelamatan dan Pengoperasian Perahu Sungai Kampar

2e6250e981b623fc145dfd256a2f2e2eea625ecd9d1f3dacdf5313de32dacb76.0
banner 120x600

KAMPAR, Wartamerdeka.com – Guna meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap prilaku guna dapat melaksanakan tugas secara profesional, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar lakukan kegiatan pengoperasian Perahu di Sungai Kampar.

Hal tersebut disampaikan Kalaksa BPBD Kampar Drs Agustar,M.Si yang didampingi oleh Sekretaris BPBD Kampar Muhammad Katim di tepian sungai Kampar Desa Batu Belah Kecamatan Kampar, Jum’at pagi (12/7/2024).

Dikatakan Agustar bahwa saat ini kita memerlukan peningkatan personil yang tanggap dan Responsif bagi personil tim Penyelamatan.

Oleh sebab itu kita melatih para personil BPBD Kampar dalam pengoperasian perahu motor dalam Penyelamatan di Air ” Kata Agustar.

” Kita juga berupaya untuk memberikan kepada seluruh Tim Reaksi Cepat terhadap penggunaan alat Penyelamatan maupun dalam praktek di lapangan, Semoga ini memberikan kualitas yang makin baik bagi personil BPBD Kampar ” Tutup Agustar.

Sementara itu Sekretaris BPBD Kampar Katim menyampaikan bahwa dengan dilandasi kepribadian dan etika yang berkaitan dengan kebencanaan yang berorientasi pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Ini merupakan bagian peningkatan kemahiran bagi personil Penyelamatan, karena selain melakukan penyelematan juga dilakukan pemahiran terhadap Alat Pelindung diri atau Personal Protekrif Equipmant Untuk Tim Reaksi Cepat.

Dimana, kegiatan ini dilakukan agar nantinya bisa menciptakan aparatur yang berperan sebagai inovator, demi terwujudnya keterampilan dan kompetensi yang berkaitan dengan kebencanaan bagi TRC BPBD kabupaten Kampar.

Selaku TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar, diwajibkan memiliki kemampuan berupa pengetahuan, ketrampilan, sikap dan prilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas penyelematan.

Selain itu, dalam pelaksanaan pengoperasian ini, anggota TRC mencoba atau menerapkan kegiatan yang berkaitan dengan pengetahuan mangement penanggulangan bencana, fungsi TRC BPBD, serta kegiatan lapangan manakala terjadi bencana dan bencana lainya.

Terakhir , dalam pengoperasian perahu sendiri juga memiliki standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh setiap angota TRC BPBD seperti kemampuan dalam meningkatkan komitmen dan integritas moral, tanggung jawab profesi, disiplin dan etos kerja, prinsip-prinsip budaya organisasi pemerintah, dan melaksanakan komonikasi yang saling menghargai.**AN

 

Editor: AN