Breaking News
IZI Riau laksanakan Peresmian dan Serah Terima Program Benah Musholla Ponpes Baitul Qur’an Kampar Program TJSL Telkom Bantu Sarana Air Bersih di Ponpes Aufia Global Islamic School bersama IZI Perwakilan Riau Satres Narkoba Polres Metro Jakbar Ungkap Kasus Peredaran Narkoba di Kampung Boncos WMC | JAKARTA BARAT – Penggerebekan Kampung Boncos yang dilakukan jajaran Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (17/7/2024), rupanya bermula dari penemuan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 10 kilogram dari dua orang berinisal IS dan HS. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, pengungkapan kasus narkotika ini ada kaitannya dengan operasi Nila Jaya yang dilakukan polisi. Kemudian, terdapat masyarakat yang menyampaikan informasi terkait adanya peredaran narkoba di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. Dari informasi tersebut, polisi lantas melakukan penyelidikan melalui kegiatan undercover (sembunyi-sembunyi) selama 2 hari. “Berhasil amankan dua orang atas nama IS dan HS dari IS dan HS yang diamankan di salah satu parkiran hotel di Palmerah Jakbar,” kata Syahduddi dalam jumpa pers di Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (17/7/2024). “Diamankan 10 paket narkotika jenis sabu seberat 10.000 gram atau 10 kilogram,” imbuhnya. Rencananya dari jumlah tersebut, lanjut Syahduddi, IS dan HS bakal mengedarkan 2 kilogram sabu ke Kampung Boncos. “Sisanya yang 8 kilogram akan disimpan oleh kedua tersangka untuk stok dalam edarkan narkotika selama kurang lebih 1 bulan,” jelas Syahduddi. Atas dasar tersebutlah, jajaran Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat langsung melakukan penindakan dan penertiban di kampung narkoba itu. Tatkala digerebek, benar saja polisi menemukan sejumlah barang bukti lain, markas sabu, hingga 42 orang yang urinenya positif mengandung narkotika. “Berhasil diamankan kurang lebih 46 orang yang ada di depan, terdiri dari 44 laki-laki dan 2 orang perempuan,” kata Syahduddi. “46 orang tersebut langsung dilakukan cek urine dan dinyatakan 42 orang positif urinenya mengandung narkotika jenis sabu,” imbuhnya. Syahduddi berujar, total barang bukti yang berhasil diamankan dalam operasi kali ini adalah 5 buah paket kecil narkoba jenis sabu, senjata api rakitan, dua buah senjata tajam, 10 pipet bekas pakai, hingga tiga buah timbangan digital. Kemudian, 30 korek api, pecahan uang Rp 5.000, kemudian beberapa klip plastik dan beberapa sedotan bekas pakai. Penulis: Jaka Banten Editor : Fajar Gea Tingkatkan Sinergitas, Polri Bersama Wartawan Gelar Bhayangkara Presisi Bowling Cup Tim Relawan Peduli Kemanusiaan Bencana Alam Gelar Jumpa Pers di Kabupaten Jayawijaya
banner 728x90

Wartawan Rakyat Merdeka Menangkan Lomba Foto CTJ 2024

Img 20240625 Wa0082
banner 120x600

 

WartaMerdeka.com||Wartawan foto dari Rakyat Merdeka, Dwi Pambudo, berhasil meraih juara pertama dalam lomba foto bertema “Embracing Sustainable Tourism Through Your Lens” yang diselenggarakan oleh Konfederasi Jurnalis Thailand (CTJ). Dwi Pambudo mengalahkan fotografer-fotografer pers dari berbagai negara anggota Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) dalam kompetisi foto tahun 2024 ini.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal konfederasi Wartawan ASEAN, Dar Edi Yoga, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/6).

Belum lama ini, Konfederasi Jurnalis Thailand (CTJ) mengundang jurnalis dan fotografer pers dari negara-negara anggota Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) untuk berpartisipasi dalam lomba foto tahun 2024 dengan tema “Embracing Sustainable Tourism Through Your Lens.”

“Konfederasi Jurnalis Thailand (CTJ) sangat yakin bahwa pariwisata berkelanjutan adalah cara bagi negara-negara di kawasan untuk merevitalisasi industri pariwisata sekaligus menjaga lingkungan,” kata Thepchai Yong dari CTJ. Dia pun menekankan pentingnya peran fotografi dalam mendukung pariwisata berkelanjutan.

Dikatakannya, lomba ini diadakan karena pariwisata kembali menjadi motor penggerak utama perekonomian negara-negara ASEAN pasca pandemi Covid-19, meskipun ada kekhawatiran mengenai dampak lingkungan yang ditimbulkannya.

Sementara, Presiden CAJ, Atal S Depari, menyambut baik inisiatif lomba fotografi ini. “Perlombaan semacam ini dapat memperkuat hubungan antarwartawan dari negara-negara ASEAN, serta meningkatkan pemahaman akan kekayaan budaya dan alam yang dimiliki oleh masing-masing negara,” ujarnya. Atal juga memberikan ucapan selamat kepada para pemenang yang dipilih dari 108 foto yang dikirim peserta dari berbagai negara anggota ASEAN.

Usai mendapat berita gembira tersebut, Dwi Pambudo, fotografer Rakyat Merdeka mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada CTJ dan CAJ atas informasi dan kesempatan dapat ikut serta dalam ajang lomba foto jurnalistik,” kata Dwi Pambudo, Selasa (25/6). Dia juga mengapresiasi dan memberi selamat kepada penyelenggara serta pemenang lain yang telah menghasilkan karya foto jurnalistik yang bersemangat dan berkolaborasi untuk kemajuan pariwisata Indonesia dan ASEAN.

“Semoga penyelenggaraan photo contest CTJ bisa berkelanjutan,” tutup Dwi Pambudo yang telah dua kali menjuarai lomba foto CAJ.

Berikut ini adalah nama para pemenang lomba yang diumumkan panitia lomba pada Senin (24/6).

Hadiah Pertama (US$1.000)
– Dwi Pambudo, Indonesia
– Foto: “Nepal Van Java” di Desa Butuh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Hadiah Kedua (US$700)
– Apinan Buahapakdee, Thailand
– Foto: Rekonstruksi cara hidup pawang yang berburu gajah liar di Provinsi Surin

Hadiah Ketiga (US$500)
– Arie Basuki, Indonesia
– Foto: Penduduk Hindu Bali di Pura Ulun Danu Beratan, Pulau Bali

Hadiah Hiburan (masing-masing US$200)
– Rhoy Cobilla, Filipina
– Foto: Petualang menyelam di perairan Pulau Polipol, Bani, Pangasinan
– Raniel Jose M Castaneda, Filipina
– Foto: Sawah Terasering Banaue

(wmc/red)