banner 728x90

Juara 1 Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Afiqa Almira Utomo SD IT Nurul Hasan Kota Ternate Melaju ke Tingkat Nasional Mewakili Maluku Utara

Juara 1 Loba Bertutur Maluku Utara 2024 Oke Bagus
Foto: Afiqa Almira Utomo Juara 1 saat menerima piagam dan piala (wmc/rn)
banner 120x600

WMC I TERNATE— Juara 1 Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Afiqa Almira Utomo Siswi SD IT Nurul Hasan Kota Ternate Melaju ke tingkat Nasional yang insyaAllah kan mewakili Maluku Utara, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku Utara, lomba bertutur Tingkat Sekolah Dasar  ini diikuti oleh seluruh perwakilan dari KabupateN/Kota se-Maluku Utara. Lombar bertutur yang digelar setiap tahun  tersebut menjadi ajang peningkatan bakat sekaligus meningkatkan Budaya Baca anak di Maluku utara, yang digelar di sofifi, Senin (29/7/2024).

Perwakilan SD Islam Terpadu Nurul Hasan Kota Ternate berhasil raih juara satu Tingkat provinsi pada lomba Bertutur Tingkat SD Se-Maluku Utara setelah mengalahkan perwakilan Halmahera Tengah dan Halmahera Selatan. Kegiatan ini berawal dari seleksi Tingkat Kota Ternate, Afiqa (Sapan akrabnya) berhasil mengalahkan perwakilan dari berbagai sekolah Dasar se-Kota Ternate sehingga menjadi perewakilan Kota Ternate pada Tingkat provinsi.

Dikabarkan pada tahun sebelumnya, Afiqa juga memenangkan lomba bertutur Tingkat Sekolah Dasar Kota Ternate namun belum lolos Tingkat provinsi. “Alhamdulillah senang sekali berhasil sampai tahap ini, terimaksih Pa Kadis terimakasih ibu Ami sudah bimbing Afiqa”. Tutur Afiqa.

Ibu Ami, dari wawancara media wartamerdeka.com menyatakan; Kegiatan (lomba) seperti ini sangat bagus, karena selain meningkatkan minat baca anak juga mengajarkan anak-anak untuk menggunakan bahasa indonesia dengan baik. “Kalau bisa, buatkan juga lomba bertutur dalam Bahasa daerah, singgah anak-anak kita juga belajar Bahasa daerah”. Tambanya.

Dengan bertemakan cerita ‘batu Belah’ Afiqa mampu membuat para juri dan penonton terpukau atas penampilannya. Tema yang sebelumnya juga dibawakan saat seleksi Tingkat kota kini berhasil juga menjuarai Tingkat provinsi. “Setelah  mendapatkan juara satu Tingkat kota, Kami lanjutkan Latihan di sekolah sebelum nantinya masuk pada Tingkat provinsi. Alhamdulillah proses tidak menghiyanati hasil”_ Tutup Surasmi

“Kegiatan ini tidak mungkin sukses kalau tidak ada dukungan dan support dari pihak sekolah, terutama ibu Kepala sekolah Zaenab Sarah yang sudah mengizinkan anak-anak kami untuk terlibat dalam kegiatan di luar sekolah”.(wmc/rn).