Selamatkan Terumbu Karang Kep Seribu

JAKARTA (wartamerdeka.com) - Kawasan perairan Kepulauan Seribu tidak hanya asyik untuk dipakai berlibur atau wisata baharinya. Tapi juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas memelihara alamnya. Inilah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar beberapa SMA Jakarta saat melaksanakan program adopsi terumbu karang didampingi lembaga Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) bersama Yayasan TERANGI di Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta (27-28 Agustus).

ICCTF yang merupakan lembaga wali amanah dikelola secara nasional untuk berkontribusi secara efektif dan efisien di pemerintah dalam urusan perencanaan dan implementasi isu-isu perubahan iklim di Indonesia. Lembaga yang berada dibentuk oleh BAPPENAS dan Kementerian Keuangan pada 2009 dan mulai beroperasi 2010, intinya mendanai sejumlah proyek yang inovatif serta menghasilkan pengetahuan baru untuk masyarakat. Sedangkan Yayasan TERANGI adalah lembaga swadaya masyarakat yang memang fokus pekerjaannya kepada penyelamatan dan pemeliharaan biota laut.

Sebagai langkah awal, ICCTF berkunjung ke lima sekolah menengah (SMA/SMK) di Jakarta, yakni SMA 12 Klender, SMA 38 Lenteng Agung, SMK 36 Cilincing, SMK 57 Ragunan dan SMK 48 Klender. Dari kunjungan tersebut, disampaikan tentang perubahan iklim, metode transplantasi karang dan adopsi karang guna meningkatkan kualitas terumbu karang. Pada kesempatan itu juga dilakukan kompetisi disain platform adopsi karang. Kelompok pemenang dari masing-masing sekolah yang terdiri atas lima (5) siswa diundang untuk kegiatan adopsi karang di Pulau Harapan tanggal 27-28 Agustus 2014.

“Peningkatan kualitas terumbu karang dengan adopsi transplantasi karang berperan dalam meningkatkan kemampuan adaptasi masyarakat nelayan terhadap dampak perubahan iklim” ungkap Tommy Hermawan, Perencana Madya Direktorat Kelautan dan Perikanan,   BAPPENAS. Karena pada kondisi iklim yang kurang menentu dan tidak aman untuk melaut, nelayan dapat menangkap ikan pada jarak yang dekat di sekitar terumbu karang.

Diharapkan, masyarakat perkotaan umumnya dan para pemuda khususnya, lebih memahami lagi makna dan keberadaan terumbu karang di daerah pesisir pantai yang memiliki fungsi sangat penting baik bagi biota laut maupun masyarakat secara keseluruhan. Kawasan Kepulauan Seribu, menjadi lebih menarik apalagi keberadaan terumbu karangnya tumbuh secara segar dan alami sehingga siapapun yang berkunjung kesini juga akan merasa kebersihan lingkungannya.(bri)

SBY Sebut Pemerintahan yang Neolib Tidak Suka Ada Subsidi

1952156SBY-bbm-youtube780x390.JPGJAKARTA (wartamerdeka.com) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempertahankan kebijakannya untuk tidak menaikan harga BBM bersubsidi. SBY merasa heran dengan pihak yang tidak ingin ada subsidi, ia pun menyebut kalangan tersebut neolib.

“Sebenarnya persoalan subsidi ini selalu dihadapi dari satu pemerintahan ke pemerintahan lainnya, bukan hanya pemerintahan ini. Memang, bagi negara yang anut sistem ekonomi yang sangat kapitalistik atau yang yang rakyat sebut neolib begitu, subsidi ini tidak disukai,” kata SBY dalam wawancara eksklusif di Youtube, Jumat (29/8/2014).

SBY kemudian memaparkan, dirinya berpendapat lain dengan pemerintahan yang ia sebut neolib tersebut. Ia menilai untuk Indonesia masih dibutuhkan subsidi.

“Untuk Indonesia, mengingat masih banyak yang miskin dan daya beli rendah, kalau subsidi itu betul-betul untuk menolong rakyat, jumlah tidak berlebihan dan tepat sasaran, saya kira tidak keliru, ini yang kita jaga betul, subsidi yang pas,” papar SBY.

Meski mengakui perlu adanya subsidi, SBY menilai kedepannya subsidi harus mulai dikurangi. Ia pun menyebut sudah beberapa kali mengurangi subsidi tersebut melalui langkah menaikan harga BBM bersubsidi.

“Yang penting, pengurangan itu dilakukan beberapa tahap, sehingga di satu sisi APBN kita makin ideal, di sisi lain tidak beri beban yang berlebihan ke rakyat kita. Yang jelas saya sadar subsidi perlu dikurangi, saya yakin di pemerintahan yang akan datang akan lakukan hal yang sama,” ujar SBY.

Wasekjen PAN Akui Ada Desakan dari Bawah untuk Gabung ke Jokowi

berkemaja-putih-jk-siap-deklarasi-dengan-jokowi-di-gedung-joang-2JAKARTA (wartamerdeka.com) – Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional Teguh Juwarno mengakui kalau internal partainya sudah mendapat desakan dari bawah agar berkoalisi dengan Jokowi-JK.

Menurutnya, sebelum presiden terpilih dilantik, masih ada peluang perubahan dinamis terkait arah koalisi.

“Jadi, begini. Kita juga tidak menutup mata apa yang ada di arus bawah. Kemudian kalau diminta untuk membangun bangsa ini ya, kenapa tidak?,” ujar Teguh di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Teguh menyebut jika desakan bawah agar bergabung dengan Jokowi-JK ini berasal dari DPD sejumlah daerah. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pendorong perubahan arah koalisi PAN. Namun, dia belum bersedia mengatakan pengurus daerah mana saja yang dimaksud.

“Ya, akan banyak faktor. Misalnya kalau desakan dari bawah maka dari DPP tidak akan tinggal diam. Ini kan aspirasi desakan dari bawah. Tapi, yang pasti sikap PAN kan saat ini masih di KMP (desakan arus bawah) dari daerah misalkan teman-teman DPD, mungkin saya sebaiknya tidak kasih tahu,” kata Sekretaris Fraksi PAN di DPR tersebut.

Dia menambahkan dalam PAN ada dua forum yang menjadi penentu putusan yaitu rakernas dan kongres. Pasalnya, kedua forum ini melibatkan aspirasi suara dari pengurus daerah. Kemudian, soal tawaran kabinet menteri dari koalisi Jokowi-JK untuk PAN, dia mengaku belum mengetahui adanya kabar tersebut. Tapi, dia tidak menampik kalau memang ada kemungkinan komunikasi ke arah tersebut.

“Dalam konteks politik kontemporer kan komunikasi politik adalah hal yang lazim. Tapi, kalau sampai pembicaraan ada sharing di kabinet sampai saat ini terus terang saya tidak tahu. Ya, kalau sampai saat ini posisinya masih ada satu bulan 20 harian lah. Menurut saya situasinya masih dinamis,” sebutnya.

Lantas, bagaimana dengan pertemuan SBY dengan Jokowi di Bali, dua hari lalu?  Teguh menegaskan dalam arah koalisi, PAN tidak akan terpengaruh dengan sikap SBY, meskipun SBY merupakan besan dari Ketua Umum PAN Hatta Rajasa.

Menurutnya, pertemuan SBY-Jokowi itu dianggap hanya sebagai tradisi bagus terkait estafet peralihan kepemimpinan nasional.

“Ya kalau kami melihatnya sebagai sebuah tradisi bagus. Bahwa estafet kepemimpinan nasional itu bisa dilakukan dengan elegan dan mulus. Tapi, kalau dalam konteks PAN, dia memiliki hubungan pribadi, besan, saya tahu pengambilan putusan Pak Hatta tidak didasarkan sikap SBY. Tapi, oleh masukan dari kader, dari konstituen dalam konteks ini adalah DPP, DPW, dan DPD,” ungkapnya.

DPRD DKI Harus Legowo Menerima Pengunduran Diri Jokowi Sebagai Gubernur

193511_631869_jokowi_pidato_dlm_ric-1JAKARTA (wartamerdeka.com) - Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengimbau agar DPRD DKI terutama fraksi Gerindra bisa legowo menerima pengunduran diri presiden terpilih Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dia mengatakan perlu sikap yang positif untuk memuluskan sistem tata negara sesuai kesepakatan.

“Tidak hanya harus legowo, tetapi dengan sikap yang penuh antusiasme, sikap penuh positif untuk memuluskan Pak Jokowi ke suatu sistem tata negaraan yang sudah disepakati bersama karena Pak Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden dari Gubernur sudah dibenarkan oleh Undang-Undang,” kata Ahmad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Dia juga menekankan tidak ada poin terkait majunya Jokowi sebagai calon presiden. Ahmad menilai sikap yang mengisyaratkan penolakan mundurnya Jokowi itu tidak sesuai dengan aspek moral, politik, hingga peraturan dalam Undang-Undang. Jika niat penolakan ini direalisasikan, dia melihat potensi perlawanan rakyat yang tidak setuju.

“Baik dari aspek moral, politik, aspek perundang-undangan tidak ada yang dilanggar Pak Jokowi. Jadi, apa dasar yang menolak pengunduran Jokowi. Karena pada nantinya rakyat akan melakukan penolakan terhadap sikap DPRD DKI,” sebutnya.

Kemudian, soal alasan karena Jokowi belum minta izin ke DPRD saat hendak maju sebagai capres, menurutnya hal itu tidak bisa dibenarkan. Dia menegaskan jika dalam Undang-Undang Pilpres atau Undang-Undang Pemerintah Daerah tidak mewajibkan Jokowi harus pamit untuk maju sebagai capres.

“Apakah Undang-Undang Pilpres atau Undang-Undang pemerintah daerah itu harus pamit untuk mencalonkan diri sebagai capres. Kan tidak ada satupun norma hukum wajib yang membuat Jokowi harus pamit kepada DPRD DKI,” Anggota Komisi III DPR itu.

Menko Perekonomian Tegaskan Pemerintahan SBY tak Akan Naikkan Harga BBM Bersubsidi

14005638951927387081-1JAKARTA (wartamerdeka.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) kembali menegaskan bahwa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam masa akhir jabatannya.

“Beban rakyat sudah cukup berat, oleh karenanya pemerintah juga mengambil sikap untuk tidak lagi menambah beban rakyat,” kata CT di Padang, Kamis (28/8/2014).

Dia mengingatkan, pemerintahan Presiden SBY sudah menaikkan harga BBM pada 2013 lalu. Sementara tahun ini, pemerintah juga telah menaikkan tarif dasar listrik, dan sebentar lagi Pertamina dengan persetujuan DPR juga akan menaikkan harga elpiji 12 kilogram.

CT meyakini, keputusan pemerintah yang tidak menaikkan harga BBM bersubsidi itu tidak akan memberikan beban kepada pemerintahan mendatang Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla.

“Tidak ada yang melimpahkan beban ke pemerintahan baru karena memang APBN-P yang telah disepakati oleh DPR untuk tahun 2014 itu tidak ada asumsi kenaikan BBM,” ujar CT.

Menurut dia, semua beban harus ditanggung pemerintah masing-masing pada zamannya masing-masing.

“Pemerintahan yang akan datang tidak boleh memberikan beban ke pemerintahan sekarang, pemerintah sekarang juga tidak boleh memberikan beban ke pemerintahan yang akan datang,” kata dia.

Selain itu, menurut CT, pembatasan penjualan BBM bersubsidi yang telah dilakukan pemerintah dalam beberapa waktu terakhir akan tetap dilakukan agar sedapat mungkin kuota 46 juta kiloliter yang sudah ditetapkan dalam APBN Perubahan 2014 tetap bisa terjaga.

“Di Jakarta Pusat, BBM bersubsidi tidak dijual, kalau mau beli BBM bersubsidi, bisa mencari di luar Jakarta Pusat. Begitu juga di jalan tol, sebelum masuk jalan tol harus mengisi dulu (di luar tol). Jadi tidak ada dampak ekonominya sama sekali,” tandas CT.

Jokowi sebelumnya, seperti diketahui, menyatakan, siap menaikkan harga BBM bersubsidi nantinya meskipun kebijakan tersebut dianggap tidak populer oleh masyarakat. Bagi Jokowi, yang terpenting, kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi itu disertai pengalihan anggaran untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah.

JK juga berpendapat, kenaikan harga BBM seharusnya sudah dilakukan, karena kelangkaan BBM sudah menjalar kemana-mana.

Direktur BPC Didit Susilo Nilai Kota Bekasi Darurat Korupsi

IMG_20140829_102025BEKASI (wartamerdeka.com) - Belakangan ini rentetan kasus korupsi terus terbongkar di Kota Bekasi. Mulai dari kasus Alkes RSUD, kasus pemalsuan ijin di BPPT, kasus Gurdacil, kasus telematika dan kasus pengemplangan dana Linmas. Pakta integritas anti korupsi yang terus didengungkan hanya seperti macan kertas belaka tidak berpengaruh apa-apa. Bahkan sikap kolutif, budaya pungli-suap terus terjadi.

“Kondisi ini sudah diambang kewajaran, apalagi kasus yang muncul kepermukaan mencerminkan masih banyaknya kasus yang belum terungkap. Sudah seharusnya kondisi darurat korupsi ini harus menjadi perhatian serius pihak Pemkot Bekasi, Kejaksaan dan kepolisian,”jelas Direktur Bekasi Parliamentary Center (BPC) Bekasi, Didit Susilo, tadi pagi.

Menurutnya, pihak Kejari Kota Bekasi hanya getol menetapkan tersangka kasus korupsi namun ujung-ujungnya selalu mengambang sehingga tidak memberikan efek jera bagi para koruptor daerah untuk terus mengakali administrasi agar lolos dari pidana korupsi. Ironisnya kasus-kasus yang selalu muncul ke permukaan hanya menjerat pelaku ‘kroco’ saja pelaku utamanya tidak tersentuh hukum.

“Ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) dimata publik agar sikap optimisme pemberantasan korupsi di Kota Bekasi tidak main-main dan perlu upaya yang lebih masif dan keras,”terangnya.

Selain itu tingginya kasus-kasus korupsi di tingkat bawah justru makin membahayakan karena akan berdampak langsung terhadap buruknya pelayanan publik, pemerataan pembangunan, kebocoran anggaran dan pembiyaan pembangunan infrastruktur perkotaan tidak maksimal.

“Kebocoran anggaran pembangunan infrastruktur masih sangat tinggi sehingga banyak infrastruktur yang baru dibangun cepat rusak,”katanya.

Hal tersebut juga tercermin dari hasil audit BPK Jabar terhadap tahun anggaran 2013 yang banyak terjadi pelanggaran administrasi dan sisa –lebih pembayaran sehingga menggerogoti daerah. Akibat korupsi dan kebocoran APBD membuat kualitas infrastruktur perkotaan kian buruk sehingga terus menguras pembiyaan untuk rehabilitasi.

Secara kasat mata masih banyaknya jalan-jalan protokol yang tetap rusak sejak oktober 2013 meski sudah diperbaiki namun cepat rusak kembali karena kualitas pekerjaan yang memang volumenya dikurangi.

“Walikota dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) harus melakukan kerja keras dan masif agar pakta integritas tidak hanya simbol diatas kertas namun memberi jaminan minimnya tindak pidana korupsi terjadi di Kota Bekasi,”pungkas Didit.(pandi)

Balai Kemetrologian Tasikmalaya Gelar Sidang Tera di Kec. Sindangkasih

IMG_20140829_083736CIAMIS (wartamerdeka.com) - Balai Kemetrologian pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat yang membawahi wilayah Priangan Timur selain Sumedang, baru-baru ini menggelar sidang tera ulang di Kecamatan Sindangkasih.

“Sidang tera tersebut rutin diadakan di setiap kecamatan setiap satu rahun sekali sesuai dengan program dari pusat,” papar Ade Ruhiana selaku Panera Panelia di Balai Kemetrologian Tasikmalaya.

Menurut Ade, sebelum sidang ini dilaksanakan pihaknya sebelumnya menyebarkan undangan ke masyarakat melalui Kantor Kecamatan dan Desa agar diketahui dan diindahkan oleh para wajib tera/tera ulang (pemilik UTTP).

Diingatkannya bahwa melakukan tera dan tera ulang ini adalah wajib. Bagi yang tidak mengindahkan, bisa dipidana selama-lamanya satu tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp 1.000.000. Seperti diatur dalam Undang-undang RI No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal pasal 32 no 1.

Biaya untuk sidang tera sesuai dengan perda dan tergantung jenis timbangannya sendiri, seperti timbangan meja yang kekuatan timbangannya hanya 10 kg hanya dipungut Rp 6000, jika timbangannya masih layak. Namun, jika timbangan tersebut mesti diperbaiki, maka para wajib tera harus membayar Rp 24 ribu untuk tera yg diperbaiki berikut pajak. Perbaikan ini ditangani langsung oleh rekanan bengkel yang sudah dibina terlebih dahulu oleh Balai Kemetrologian Tasikmalaya.

Setiap mengelar sidang tera, Balai Kemetrologian Tasikmalaya juga menggandeng rekanan bengkel sebagai tim teknis perbaikan tera yang rusak, seperti Gabungan Reparasi Timbangan (GRT). “Setiap tera yang diperbaiki oleh kami diminta biaya sebesar 24 ribu dan itu sudah termasuk pajak,”papar Kang Agus dari bengkel GRT binaan Balai Kemetrologian Tasikmalaya.

Barang siapa melakukan perbuatan yang tercantumm dalam pasal 25, 26, 27 dan pasal 28 Undang-undang ini di pidana penjara selama-lamanya satu tahun dan atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000 (satu juta rupiah). Tercantum dalam Undang-undang RI No. 2 Tahun 1981 tentang metrologi Legal pasal 32 no 1.

(Brata)

Chelsea Terancam Krisis Penyerang,Torres Siap Hengkang ke Milan

2255028000-DV1849493780x390 (1)-1PENYERANG utama Chelsea, Diego Costa, mengalami cedera pada otot paha, dalam sesi latihan Rabu (27/8/2014). Menurut pemberitaan di Inggris, Costa akan absen hingga enam pekan.

Dengan begitu, Chelsea hanya punya dua penyerang yang bugar, yaitu Fernando Torres dan Didier Drogba. Namun, Drogba menjadi pilihan terbaik, mengingat Torres tengah menegosiasikan transfer dengan AC Milan.

“Transfer Torres ke Milan mungkin terjadi. Kami akan melakukan evaluasi sebelum memberi jawaban. Saya tak bisa memberi penjelasan lebih jauh. Milan adalah klub besar,” ujar agen Torres, Antonio Sanz, usai menegosiasikan kontrak personal kliennya dengan Wakil Presiden AC Milan, Adriano Galliani, Kamis (28/8/2014).

Chelsea disebut-sebut tengah berusaha merekrut penyerang AS Roma, Mattia Destro, untuk menggantikan Torres.

Monaco Berencana Lepas Falcao, 4 Klub Bakal Bersaing

AS Monaco dikabarkan berencana melepas penyerang Radamel Falcao (28 tahun) dengan status pinjam pada bursa transfer musim panas ini. Real Madrid, Chelsea, Juventus, dan Arsenal disebut-sebut mempertimbangkan mengajukan penawaran untuk Falcao.

Monaco disebut mempertimbangkan meminjamkan Falcao karena masalah finansial. Mereka disebut tengah melakukan restrukturisasi tim utama dan salah satu agendanya adalah mengurangi beban anggaran gaji pemain.

Meminjamkan Falcao merupakan solusi strategis, mengingat ia merupakan salah satu pemain bergaji tertinggi di klub itu. Ia diperkirakan menerima gaji 14 euro atau sekitar Rp 2015 miliar per musim di Monaco.

Monaco disebut ESPN mematok harga 20 juta euro atau sekitar Rp 308 miliar untuk transfer pinjam Falcao selama satu musim.

Tottenham Hotspur Lolos Babak Playoff Liga Europa

DUA klub Liga Inggris Tottenham Hotspur dan Hull City alami nasib berbeda di babak playoff Liga Europa. Tottenham sukses melaju ke fase grup usai menang agregat 5-1, sedangkan Hull harus terhenti karena kalah gol tandang.

Dalam laga yang digelar di White Hart Lane, Jumat (29/8/2014) dinihari WIB, Tottenham mengawali laga kontra AEL Limassol dengan bagus kala wasit memberikan hadiah penalti di menit ke-6. Kyle Naughton yang merangsek ke dalam kotak penalti dilanggar kiper Karim Fegrouche.

Di lain sisi, Limassol tak cuma mendapatkan hukuman penalti, namun benturan dengan Naughton membuat Fegriouche tak bisa melanjutkan permainan. Posisinya digantikan kiper cadangan Pulpo Romero.

Namun Tottenham gagal memanfaatkan kesempatan emas ini untuk mencetak gol. Harry Kane yang bertindak sebagai eksekutor gagal menunaikan tugas setelah tendangannya terbaca oleh Pulpo.

Di menit ke-19, upaya lain dari Kane juga kembali digagalkan Pulpo. Sementara tembakan Moussa Dembele di menit ke-33 masih melenceng.

Kane kembali jadi ancaman utama untuk tim tamu. Tapi upaya di menit ke-37 juga masih gagal, tembakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Upaya Spurs pada akhirnya membuahkan hasil jelang babak pertama usai. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Limassol, Paulinho mencuri bola dan menyodorkannya ke Kane yang berdiri bebas. Kane kemudian sukses menaklukkan Pulpo dalam duel satu lawan satu. Babak pertama pun berakhir.

Tottenham mengawali laga dengan baik di babak kedua. Lewat pressing di daerah pertahanan lawan, Vlad Chirices melakukan tekel bersih kepada pemain Limassol dan bola bergulir ke kaki Paulinho.

Dengan satu gerak tipu, Paulinho melewati bek Limassol dan kemudian melepaskan tembakan keras mendatar melewati hadangan bek dan kiper. Tottenham 2, Limassol 0.

Di menit ke-64, wasit kembali menghadiahkan penalti. Kali ini karena sepakan Naughton mengenai tangan Edmar Da Silva. Giiran Andros Townsend yang maju sebagai eksekutor, sukses berbuah gol ketiga.

Pada menit ke-77, Kane mendapatkan ruang tembak menyambut umpan dari Aaron Lenon. Tapi upaya Kane kandas oleh Pulpo. Dua menit berikutna, Townsend melepaskan upaya jarak jauh, juga gagal setelah ditepis melewati mistar oleh Pulpo.

Pada menit ke-83, giliran Ben Davies melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Pulpo susah payah menepis bola ke samping kiri gawang.

Tak ada lagi gol tercipta hingga laga usai. Dengan ini, Tottenham pun melaju ke fase grup Liga Europa dengan agregat 5-1, setelah di pertemuan pertama menang dengan skor 2-1.

Sementara itu, nasib berbeda dialami wakil Inggris lainnya, Hull City. Kalah 0-1 dari Lokeren di pertemuan pertama, Hull hanya mampu menang 2-1 kala menjamu lawannya tersebut di Kingston Stadium.

Unggul lebih dahulu di menit keenam lewat Robert Brady, Hull harus kebobolan di awal-awal babak kedua oleh Jordan Remacle. Brady memang pada akhirnya mencetak gol tambahan lewat eksekusi penalti di menit ke-55, namun Hull tak mampu mencetak gol ketiga.

Secara agregat skornya berimbang 2-2, namun Hull kalah agresivitas gol tandang. Tim asuhan Steve Bruce pun gagal melaju ke fase grup.

Susunan pemain:

Tottenham: Lloris; Naughton, Kaboul, Chiriches (Veljkovic 86′), Davies; Dembele, Paulinho, Sandro (Holtby 78′); Lennon, Kane, Townsend.

Limassol: Fegrouche (Pulpo 13′); Carlitos, Sielis, Cadu, Edmar Silva; Nikolaou (Danielzinho 46′), Guidileye; Diego Barcellos, Luciano Bebe, Sardinero (Tagbajumi 80′); Gikiewicz.

Inter Milan Pesta Enam Gol

intervsstjarnaniINTER Milan pesta enam gol ke gawang Stjarnan untuk meloloskan mereka ke fase grup Liga Europa. Sementara itu langkah serupa juga dituai oleh Borussia Moenchengladbach dan Villarreal.

Menjamu Stjarnan di Giuseppe Meazza, Jumat (29/8) dinihari WIB, dalam laga leg kedua playoff Liga Europa, Inter yang menang 3-0 di pertemuan pertama langsung menyerang sejak menit awal.

Tapi gol baru bisa didapat di menit 28 lewat kaki Mateo Kovacic yang sekaligus mencatatkan gol pertamanya dalam seragam biru-hitam.

Keunggulan Inter bertambah di menit 33 dan lagi-lagi Kovacic mencatatkan namanya di papan skor, lewat sebuah solo run yang dituntaskan dengan bola lob yang menggetarkan jala Stjarnan.

Gol ketiga Inter dibuat Pablo Osvaldo dua menit selepas jeda lewat tandukan memaksimalkan umpan Yuto Nagatomo. Kovacic melengkapi hat-trick-nya di menit 51.

Mauro Icardi yang masuk sebagai pemain pengganti, bikin dua gol di menit 69 dan 80 untuk menutup kemenangan 6-0 Nerazzurri atas Stjarnan, sekaligus lolos ke fase grup dengan agregat total 9-0.

Langkah yang sama juga dilakukan oleh Gladbach, yang menang 7-0 atas FK Sarajevo lewat gol-gol Andre Hahn, Granit Xhaka, Branimir Hrgota (tiga gol), dan Thorgan Hazard (dua gol). Menang 3-2 di leg pertama, anak asuh Lucien Favre itu melaju dengan agregat 10-2.

Sementara itu wakil Spanyol, Villarreal, juga catatkan kemenangan besar 4-0 atas FC Astana sekaligus meloloskan mereka dengan agregat 7-0.

Undian babak grup Liga Europa sendiri akan dilakukan Jumat malam WIB nanti.

Ahok Usul Abong-None Jangan Hanya Jadi Pajangan

Ahoks1JAKARTA (wartamerdeka.com) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengusulkan agar Abang-None DKI Jakarta tak lagi hanya sebatas pajangan alias pagar ayu dalam acara-acara penting. Dia ingin agar mereka diberdayakan sebagai duta-duta untuk mempromosikan Jakarta.

“Saya hampir dua tahun ini agak protes melihat orang yang cantik dan cakep anteng cuman jadi pagar ayu. Selama ini pengalaman saya kalau ketemu abang-none ini biasanya cerdas-cerdas. Sayang gitu orang pintar, cakep dan cantik tapi hanya dipakai untuk urusan kayak terima tamu. Ide dari saya, kita coba ubahlah ini,” kata Ahok.

Hal ini dikatakannya dalam acara Penyerahan 36 Finalis Abang dan None Jakarta 2014 Kepada Pemprov DKI, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014).

Ahok menilai dengan keahlian yang dimiliki, seperti kemampuan berbahasa asing, mereka bisa lebih aktif mempromosikan. “Misalnya kalau ada tamu dari luar negeri, mereka harusnya bisa ajak ngomong. Bila perlu saat ada pertemuan dan rapat penting, mereka juga dilibatkan. Tergantung minatnya apa, apakah ekonomi atau politik,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ahok memuji 36 abang dan none dari 5 wilayah DKI. “Rasanya akan susah untuk juri memilihnya nanti. Tapi kami yakin semua bisa dilakukan transparan seperti tahun lalu. Tapi sekali lagi, tolong diwujudkan agar yang menang nanti itu jangan hanya jadi pagar ayu,” ucapnya.

Pemilihan Abang-None kali ini cukup diminati. Terbukti dari peserta yang daftar, yakni 2.154 orang, meningkat 21% dari tahun lalu. Setelah diseleksi di masing-masing kotamadya dan kabupaten, ada tiga pasangan abang dan none yang mengirim wakilnya ke tingkat provinsi DKI. Rencananya, acara final pemilihan Abang-None dilakukan di Plaza Monas sisi timur pada 30 Agustus 2014.

Ketua BPC Didit Susilo: Copot Empat Kadis Berkinerja Jeblok

BEKASI (wartamerdeka.com) - Empat Kadis di Kota Bekasi dinilai kinerjanya rendah. Ini berkaitan dengan rendahnya penyerapan anggaran 2014 terhadap realisasi APBD 2014 Kota Bekasi. Akibat rendahnya penyerapan anggaran ini, dipastikan pada tutup tahun anggaran (tutup buku-red) akan terjadi sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) yang besar. Sedangkan untuk dikebut penyerapan sudah tidak mungkin karena sudah memasuki triwulan III dan rentan terjadi kesalahan admnistrasi disebabkan faktor teknis.

“Keempat dinas itu terkait teknis sehingga tetap memakan waktu jika mengebut perkerjaan fisik apalagi Oktober mendatang memasuki musim hujan,” jelas Direktur Bekasi Parliamentary Center (BPC) Bekasi, Didit Susilo, Kamis (28 Agustus 2014).

Dijelaskannya, Walikota Rahmat Effendi sebelumnya juga memberikan warning dengan memberikan bendera peringatan terhadap SKPD berkinerja buruk.

Namun, upaya itu tidak efektif karena banyak SKPD yang terlalu berhati-hati dalam penggunaan anggaran terkait banyaknya temuan kasus dugaan korupsi oleh Kejari Bekasi. “Jika semua taat azas, taat peraturan perundang-undangan, taat admnistrasi, taat anggaran dan taat dalam sistem pengendalian, tidak perlu takut menjalankan tupoksi,”katanya.

Saat ini secara menyeluruh penyerapan anggaran berkisar 30 persen dari total APBD Rp. 3,2 triliun meliputi anggaran belanja tidak langsung Rp. 1,1 triliun dan anggaran belanja langsung Rp. 2,1 triliun.

Empat SKPD yang berkinerja buruk dan minim penyerapan anggaran dibawah 30 persen yaitu Dishub, Disdik, Disbimarta dan Disbangkar.

“Kalau seperti ini walikota mempunyai hak preogratif penuh untuk melakukan penyegaran. Cari saja Kepala Dinas yang visioner dan mampu menanggung beban kerja. Kalau tidak ada perubahan signifikan untuk apa dipertahankan. Copot saja, begitu saja kok repot,” tegas Didit.

Menurutnya rendahnya penyerapan anggaran terutama pada dinas teknis juga dipengaruhi beberapa faktor misalnya pengerjaan jalan sekitar 1 Km harus dipecah menjadi 3 atau 4 bagian sehingga makin menambah waktu pekerjaan.

“Misalnya jalan A sepanjang 1 Km dibagin 5 sriking sehingga perlu 5 rekanan. Belum lagi proses admnistrasi yang cukup memakan waktu,” katanya.

Ada beberapa faktor penyebab penyerapan anggaran belanja rendah; 1). adanya kegamangan aparat pengelola anggaran di tingkat instansi, 2). lambatnya proses tender, 3). lambatnya pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran, 4). kurangnya SDM yang bersertifikat, sampai dengan: 5).  kelemahan dalam perencanaan awal, 6). kelemahan dalam sistem pengendalian intern di bidang pengadaan barang dan jasa, serta 7). lambatnya penerbitan juklak dan juknis pelaksanaan kegiatan yang didanai DAK.

“Penyebab utamanya muncul keluhan bahkan ketakutan dari para petugas dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Seringnya para pengguna dan penanggungjawab anggaran menghadapi panggilan dari aparat penegak hukum untuk mengklarifikasi berbagai pengaduan dugaan penyimpangan yang muncul. Sehingga menimbulkan keraguan dan sikap terlalu hati-hati yang justru memperlambat. Minimnya pegawai yang memiliki sertifikat pengadaan barang/jasa juga menjadi salah satu kendala dalam proses penyerapan anggaran daerah.

Belum lagi adanya aturan pencairan dana APBD yang berbelit dan melalui proses panjang.

Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu adanya keseragaman dari semua pihak, terutama dari pihak pelaksana kegiatan dengan aparat penegak hukum dan aparat pengawasan, seperti Kepolisian, Kejaksaan, BPK dan BPKP. (Pandi)

Kuota BBM Bersubsidi Bisa Jebol, Jokowi: Sedang Dikalkulasi

193511_631869_jokowi_pidato_dlm_ricJAKARTA (wartamerdeka.com) - Pihak Pertamina menyatakan kuota BBM bersubsidi bisa jebol pada akhir tahun ini. Apa jawaban presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) soal itu?

“Nanti setelah dilantik. Ini baru mempersiapkan,” ujar Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi kepada wartawan usai bertemu dengan Jusuf Kalla (JK) dan fraksi koalisi di Kantor Transisi Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014).

Suami Iriana ini mengaku sedang mengalkulasi tentang apa yang akan dilakukannya nanti.

“Baru memproses, baru mengalkulasi. Kamu kejar-kejar, kamu tanya-tanya terus. Jawabnya yang bingung,” kata Jokowi.

Sebelumnya pihak Pertamina menjelaskan ada risiko dari batalnya pemangkasan jatah BBM bersubsidi untuk setiap SPBU sebesar 5%-20%. Kuota bisa jebol hingga 1,35 juta kilo liter pada akhir tahun 2014.

Soal Kenaikan Harga BBM, JK Tunggu Kajian Tim Transisi

berkemaja-putih-jk-siap-deklarasi-dengan-jokowi-di-gedung-joang-1JAKARTA (wartamerdeka.com) - Wakil presiden terpilih Jusuf Kalla menyatakan lebih setuju mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke sektor lain yang lebih tepat dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Tapi ia belum mampu memastikan apakah pemerintahannya nanti akan segera menaikkan harga BBM atau menunda sambil terus melakukan kajian.

Kalla menjelaskan, saat ini pemerintah dituntut mengalihkan subsidi konsumtif untuk hal-hal yang dapat memicu produktivitas. Misalnya seperti memberikan pada bidang pertanian, kesehatan, pendidikan atau infrastruktur.

“Itu yang selama ini perlu perhatian lebih baik dibanding memberikan bensin murah pada orang-orang kota,” kata Kalla, usai rapat bersama presiden terpilih Joko Widodo, di Kantor Transisi, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014) malam.

Kalla melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan kajian terkait opsi mengurangi subsidi BBM walau implikasinya akan berbuntut pada kenaikan harga BBM. Ia proyeksikan sekitar satu bulan ke depan kajiannya akan mulai menampakkan hasil.

Untuk diketahui, inilah pertama kalinya Kalla hadir ke Kantor Transisi sejak diresmikan pada 4 Agustus 2014 lalu. Kalla datang untuk menghadiri rapat gabungan bersama Jokowi, Tim Transisi, dan ketua fraksi partai pendukung di DPR. Jokowi mengatakan, dalam rapat tersebut, ia menyampaikan hasil pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali, Rabu (27/8/2014) malam.

Selain itu, disinggung juga mengenai transisi pemerintahan dan arsitektur kabinet. Tapi Jokowi dan JK tak banyak memberikan penjelasan mengenai hal itu.

DKI Perpanjang Waktu Pembayaran PBB Hingga Akhir September

JAKARTA (wartamerdeka.com) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pelayanan Pajak DKI memperpanjang waktu pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dari 28 Agustus 2014 menjadi 30 September 2014. Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta Iwan Setiawandi mengatakan, perpanjangan ini karena animo masyarakat yang tinggi dalam memenuhi kewajiban mereka.

“Bayar PBB setelah batas waktu akan dikenakan denda sebesar 2 persen setiap bulannya,” kata Iwan, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis.

Hingga jatuh tempo hari ini, realisasi penerimaan pajak daerah dari pembayaran PBB mencapai 70 persen dari target yang ditetapkan senilai Rp 6,5 triliun. Penerimaan PBB hingga saat ini mencapai Rp 4,5 triliun. Jumlah ini meningkat dibanding dengan penerimaan jatuh tempo tahun lalu, senilai Rp 2,9 triliun.

Dengan perpanjangan jatuh tempo pembayaran PBB, Iwan berharap masyarakat lebih antusias dalam menyelesaikan kewajiban mereka sebagai wajib pajak. “Optimislah target penerimaan tercapai,” kata Iwan.

Pembayaran PBB ini dapat dilakukan di Bank DKI, BRI, Mandiri, BNI, BCA, dan kantor pos. Ia mengimbau kepada Bank DKI agar lebih proaktif dalam mensosialisasikan kewajiban pembayaran PBB ini kepada warga. Sebab, menurut dia, sebagian besar wajib pajak membayar PBB melalui Bank DKI.

“Bank DKI harus selalu melayani kepada para wajib pajak, bahkan tiap Sabtu dan Minggu. Bank DKI juga jangan beroperasional sampai jam 3 saja. Tapi, sampai jam 5-6 sore,” kata Iwan.

Suhardi Meninggal, akan Dimakamkan di Yogyakarta

IMG_20140829_002942JAKARTA (wartamerdeka.com) – Jenazah Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi akan dimakamkan dan disemayamkan di Yogyakarta. Jenazah akan diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (29/8/2014).

“Sebelum dimakamkan, akan disemayamkan di rumah beliau di Joglo Suhardi, Jalan Kaliurang, Km 7,5 Gang Dahlia No 90, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta,” kata Ketua Media Centre Gerindra Budi Purnomo Karjodihardjo, Kamis malam.

Sebelum diterbangkan besok, kata Budi, malam ini jenazah almarhum akan dibawa terlebih dahulu ke kediamannya di Jalan Jatipadang Baru No 7, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Kami menyampaikan dukacita yang sangat mendalam. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan hati. Terima kasih atas perhatian semua pihak yang telah memberikan perhatian khusus kepada almahum dan keluarganya,” ujar Budi.

Suhardi meninggal dunia pada Kamis malam pukul 21.40 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Suhardi dikabarkan dalam kondisi kritis karena kanker paru-paru sejak dua hari lalu di RSPP. Sejumlah tokoh sudah menjenguk Suhardi sepanjang Selasa (26/8/2014) malam, tak terkecuali Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dan para petinggi partai politik. Suhardi kemarin sempat dinyatakan membaik dan mampu berkomunikasi. Selain itu, alat bantu pernapasannya pun sudah dicabut.

Gugatan Ditolak PTUN, Tim Prabowo-Hatta akan Banding

JAKARTA (wartamerdeka.com) - Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan mengajukan banding terhadap putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang menolak gugatan mereka terkait administrasi Pemilu Presiden 2014.

Anggota tim hukum Prabowo-Hatta, Habiburokhman, mengaku tak puas dengan keputusan PTUN yang enggan menerima gugatan karena merasa tidak berwenang.

“Kami akan banding, tidak ada masalah. Kami melihat ada yang belum selesai secara hukum, ya harus kita selesaikan secara hukum,” kata Habiburokhman, Kamis (28/8/2014).

Menurut Habiburokhman, keputusan untuk banding ini bukan karena Prabowo-Hatta masih ngotot menang dalam Pemilu Presiden 2014.

Habiburokhman mengatakan, upaya hukum ini hanya untuk mencari keadilan berdasarkan hukum yang konstitusional dan sah. “Ini bukan soal menang atau kalah buat Prabowo-Hatta,” ucapnya.

Lagi pula, lanjut Habiburokhman, perkara di PTUN kali ini berbeda dengan perkara di Mahkamah Konstitusi. Di PTUN, ujar dia, tidak ada putusan yang bersifat final dan mengikat layaknya di MK.
Oleh karena itu, sah-sah saja apabila pihaknya mengajukan banding.

“Putusan MK memang tidak boleh ada upaya hukum seperti banding atau kasasi yang bisa dilakukan. Tetapi, kalau langkah hukum lain seperti PTUN ini kan boleh saja,” ujar Habiburokhman.

PTUN menolak gugatan tata usaha negara yang diajukan Prabowo-Hatta atas Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Nomor 959/UND/8/2014 tertanggal 21 Juli 2014 karena dianggap tidak berdasar.

Surat itu merupakan undangan penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2014.

Adapun pertimbangan yang dianggap tidak berdasar menurut PTUN adalah sebagai berikut.
1. Pokok gugatan tersebut nyata-nyata tidak termasuk dalam wewenang pengadilan.
2. Syarat-syarat gugatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56 tidak dipenuhi oleh penggugat sekalipun ia telah diberi tahu dan diperingatkan.
3. Gugatan tersebut tidak didasarkan pada alasan yang layak.
4. Apa yang dituntut dalam gugatan sudah dipenuhi oleh Keputusan Tata Usaha Negara yang digugat.

SBY Tegaskan Pertemuan dengan Jokowi Bukan Negosiasi

NUSA DUA (wartamerdeka.com) -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden RI terpilih Joko Widodo (SBY) jumpa pers usai melakukan pertemuan tertutup selama 2 jam. SBY menegaskan tidak ada negosiasi antara dirinya dengan Jokowi.

“Kami tidak membahas masalah secara teknis, karena pertemuan malam hari ini juga bukan forum negosiasi. Kita mengikuti sistem, tatanan dan mekanisme yang berlaku,” kata SBY.

Pernyataan itu disampaikan SBY dalam jumpa pers bersama Jokowi di The Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8/2014).

Kata SBY, secara moral dirinya akan memberikan bantuan kepada Jokowi dalam masa transisi pemerintahan sepanjang dikehendaki. Dirinya ke depan akan melanjutkan komunikasi yang baik dengan Presiden RI ke-7 itu.

“Alhamdulillah, pikiran saya dan bapak Jokowi klop. Bahwa kita ingin betul-betul melaksanakan transisi kepemimpinan ini dengan sebaik-baiknya,” imbuh SBY.

SBY merasa senang karena masa transisi pemerintahan sejauh ini bisa bejalan lancar. Ia pun berharap tradisi itu bisa berlanjut di masa pemerintahan selanjutnya.

“Ini saya pikir sebuah tradisi yang harus kita letakkan di indonesia di era demokrasi ini, yang insya allah akan membawa kebaikan bagi negara kita di masa kini dan masa depan,” jelas SBY.

Dalam pertemuan itu SBY dan Jokowi saling menyampaikan dan menginformasikan berbagai hal. Mereka juga membahas mengenai APBNP 2014 dan APBN 2015.

Ditegaskan SBY, pertemuannya dengan Jokowi itu bukan yang terakhir. Akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya antara keduanya untuk membahas berbagai hal demi kemajuan Indonesia.

Menikmati Kota Tua Jakarta

tes-1JAKARTA (wartamerdeka.com) – Saat hari libur, keliling di seputaran kota tua Jakarta sangat mengasyikkan. Kita dapat memilih beberapa obyek wisata sesuai kocek. Di sana terdapat museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Bank Mandiri, dan lain-lain.

Kita juga dapat keliling sekitar kota tua dengan menyewa sepeda atau diantar ojek bersepeda.

Dengan bersepeda sekitar 10-15 menit saja, kita sudah dapat singgah ke masjid kuno Luar Batang atau Pelabuhan barang Sunda Kelapa yg letaknya dengan masjid tersebut berdekatan.
Kita juga bisa datangi Klenteng Kuno Petak Sembilan dengan sepeda.

Titik strategis untuk mencapai itu semua, adalah di sekitar museum Fatahilah. Jangan kuatir untuk hindari jalan macet. Karena bisa menggunakan jasa Busway Trans Jakarta dari segala penjuru kota dan akan berhenti di belakang museum Fatahilah. Atau memakai jasa kereta commuter dan turun di Stasiun Kota Beos. (bri)